Pengenalan Framework Codeigniter

Tutorial Codeigniter 1 : Berkenalan Dengan Framework Codeigniter

Halo teman-teman, selamat datang di Sancademy. Kali ini kita akan mencoba untuk membahas tentang Framework Codeigniter. Materi ini akan berisi tentang pengertian dan cara menggunakan framework codeigniter.

Apa Sih Framework Codeigniter Itu ?

Ok, Sebelumnya kita akan membahas perkata terlebih dahulu, mulai dari kata Framework.

Framework adalah kumpulan intruksi yang disatukan dalam function dan class yang mempunyai fungsi masing masing untuk memudahkan developer dalam penggunaan/pemanggilannya tanpa harus menuliskan syntax berulang-ulang.

Tentu hal ini bisa menghemat waktu dan tidak cape karena berulang-ulang menuliskan syntax yang sama. Jadi nanti code kalian bisa lebih rapih dan terstruktur.

Codeigniter adalah sebuah framework PHP yang bersifat gratis atau open source. Codeigniter sendiri menggunakan konsep pola MVC (Model, View, Controller). Sama seperti halnya framework pada umumnya, codeigniter dibuat dengan tujuan memudahkan developer atau programmer dalam membangun atau mengembangkan aplikasi berbasis web tanpa harus membangun dari awal.

Pengembangan codeigniter oleh developernya juga sangat baik sekali. Dan Codeigniter memiliki dokumentasi yang lengkap, juga mudah untuk dipahami.

Kalian bingung gak sama kata MVC diatas tadi ?

Pengertian MVC

Apa itu MVC ?

MVC adalah sebuah konsep yang memisahkan komponen menjadi 3 yaitu Model, View, dan Controller.

Model

Model adalah bagian penanganan yang berhubungan dengan pengolahan database. Contoh ketika kita ingin mengambil, menginput, mengudate atau menghapus data dari database. Semua query nya akan diletakkan di dalam model.

View

View adalah bagian yang menangani tampilan (User Interface). Semua tampilan di simpan menjadi 1 di dalam view untuk memisahkan controller dan model, sehingga dapat memudahkan web designer untuk melakukan pengembangan tampilan halaman website.

Controller

Controller adalah kumpulan intruksi yang menghubungkan antara model dan view, jadi pengguna nantinya tidak berhubungan langsung dengan model, karena data yang disimpan di dalam model diambil oleh controller dan kemudian controller menampilkan ke view. Jadi controller yang mengolah seluruh intruksi.

Dari penjelasan singkat diatas tentang Model, View dan Controller diatas dapat kita simpulkan bahwa controller adalah penghubung view dan model.

Kelebihan Framework Codeigniter

Beberapa kelebihan darii Framework Codeigniter adalah :

  1. Syntax yang terstruktur dan bersih
  2. Kemudahan dalam penggunaan
  3. Codeigniter menyediakan helper dan library yang dapat membantu developer dalam membuat pagination, session, manipulasi url, dan lainnya. Nanti kita akan belajar di materi selanjutnya.
  4. Kemanan yang cukup baik, karena user tidak berhubungan langsung dengan database,

Sekian dulu pengenalan tentang Framework Codeigniter. Selanjutnya kita akan coba untuk menginstalasi Framework Codeigniter.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!