chipset snapdragon

Kamu mau beli Smartphone dengan chip snapdragon ? Wajib baca ini

Sebuah penelitian yang diberi nama “Achilles dari lembaga Badan Peneliti Keamanan Cyber Check Point mengatakan bahwa ada 40% pasar ponsel android yang bergabung dengan vendor Qualcomm Technologies.

Snapdragon Mudah Diretas ? Benar atau Tidak ?

Dalam penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa lebih dari 400 kode rawan diretas sehingga mengancam kegunaan ponsel.

Ancaman tersebut berupa penyerang dapat mengetahui data yang dimiliki pengguna, seperti foto, video, melacak lokasi pengguna, dll. Selain itu, malware yang dapat menyembunyiksn aktifitas dapat menjadi hak penyerang.

Celah keamanan tersebut ditemukan pada DSP (Digital Signal Processor) yang merupakan komponen untuk mendukung pengisian daya cepat, kemampuan AR tingkat tinggi, dan beberapa fitur audio.

Chip DSP ini lebih rentan karena dikelola sebagai kotak hitam yang bersifat kompleks sehingga dapat ditinjau oleh siapapun dalam hal desain, fungsionalitas, atau kode.

Dilansir dari laman Arstechnica, pihak Qualcomm Technologies menanggapi bahwa untuk saat ini belum ada eksploitasi yang dilakukan oleh penyerang dan akan melakukan perbaikan chipset yang satu ini,

serta meminta kepada pengguna agar dapat mengunduh aplikasi melalui sumber terpercaya, seperti Google Play Store.

Kelebihan prosesor Qualcomm Snapdragon

Kualitas dari Qualcomm Snapdragon tentunya tidak diragukan lagi, karena prosesor ini merupakan salah satu prosesor yang terbaik dalam dunia komunikasi.

Qualcomm Snapdragon juga telah memelopori gagasan teknologi yang terbaru pada tahun 2007, karena merupakan prosesor pertama yang memiliki clock speed 1 Ghz.

Asumsi daya baterainya pun sangat sedikit, sehingga kinerja dari prosesor ini tidak diragukan lagi.

Kelebihan lain dari Qualcomm Snapdragon yaitu sudah sangat terpercaya kulitasnya, terbukti dengan banyaknya vendor yang mengusung prosesor ini, dan tak pernah ada yang dirugikan.

Selain itu, konektivitas yang dimiliki prosesor ini sangat tinggi, apalagi jika didukung dengan jaringan 4G, kekuatan konektivitas hingga 600 Mbps.

Dalam segi visual telah didukung dengan GPU dan CPU yang menjadikan kinerja grafis yang unggul

.Layar pada smartphone Qualcomm Snapdragon sangat canggih, dengan adaptasi cahaya otomatis, maka saat penggunaan akan terasa nyaman.

Tak luput dari kelebihan pada bagian Capture Sharper¸ Qualcomm Snapdragon telah menggunakan sinyal ISP dengan resolusi kualitas DSLR.

Smart protect yang dimiliki prosesor ini dapat dijadikan sebagai alat penghubung media online secara cepat dengan berupa fitur smart switch dan smart protect.

Dengan adanya Quick Charge 3.0, pengisian daya akan sangat cepat, dengan pembuktian mengisi daya dari 0% hingga 80% hanya membutuhkan waktu 35 menit saja,

tentu saja hal ini menjadi bukti bahwa prosesor ini 4 kali lebih cepat dibandingkan dengan prosesor lainnya

Kekurangan prosesor Qualcomm Snapdragon

Seperti halnya prosesor lain, kekurangan dari Qualcomm Snapdragon yaitu sering mengalami Overheating yang cepat, jika digunakan pada keadaan berlebih.

Kekurangan lain dari Qualcomm Snapdragon ada pada segi harga, karena harga yang ditawarkan oleh prosesor ini tergolong mahal. Namun demikian kemahalan ini hanya dirasa pada smartphone kelas menengah ke bawah, yang hanya mencoba penggunaan prosesor ini.

Keluhan yang sering didapat dari produksi smartphone terhadap prosesor ini adalah sering mengalami panas yang berlebih jika penggunaan dalam waktu yang lama.

Dengan kualitas prosesor yang canggih, banyak smartphone yang menggunakan prosesor ini.

Itulah kelebihan dari penggunaan prosesor qualcomm snapdragon untuk mengetahui fungsi penting dan kelebihan dari sebuah prosesor dalam sebuah smartphone, setidaknya kita dapat memperkirakan kinerja dari smartphone tersebut.

Ini sangat penting digunakan jika kita ingin mendapatkan sebuah smartphone impian dengan performa yang handal.

Jangan sampai kita membeli smartphone dengan harga yang sangat mahal namun kinerjanya mengecewakan.

Semoga artikel ini bermanfa’at 🙂

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!