Constructor dan Destructor

Constructor dan Destructor dalam JAVA OOP

Halo temen-temen, untuk melanjutkan tutorial sebelumnya, maka untuk kali ini kita akan belajar tentang Constructor dan Destructor dalam JAVA OOP.

Apa sih yang dimaksud Constructor dan Destructor?

1. Constructor

Constructor adalah method khusus yang akan dieksekusi pada saat pembuatan objek (instance), yang biasanyadigunakan untuk inisialisasi atau mempersiapkan data untuk objek, seperti memberi nilai awal. Untuk contohnya, kamu bisa lihat dibawah ini.

Untuk membuat constructor yaitu dengan menuliskan nama method seperti nama class. Pada contoh di atas, yang termasuk method constructor yaitu:

public User(){
System.out.println(“eksekusi method constructor…”);
}

Pastikan kita memberikan modifier public kepada Constructor, karena ia akan dieksekusi saat pembuatan objek (instance). Dan kita akan mencoba untuk membuat objek baru dari class user:

Maka kita akan mempunyai kode lengkap seperti dibawah ini.

Constructor dengan parameter

pada constructor biasanya digunakan untuk initialize (menyiapkan) data untuk class. Maka untuk melakukannya, kita harus membuat paramternya terlebih dahulu yang berfungsi sebagai inputan.

Pada kode class User di atas, kita menambahkan parameter username dan password ke dalam constructor. Nah, ketika kita membuat objek, maka harus menambahkan nilai parameter seperti berikut.

2. Destructor

Destructor (bahasa indonesia: destruktor) adalah method khusus saat dihapus dari memori. Destructor biasanya digunakan untuk ‘membersihkan’ beberapa variabel, atau menjalankan proses tertentu sebelum objek dihapus. Di dalam JAVA tidak memiliki konstruktor, karen menggunakan gerbage collector untuk manajemen memorinya yang mana akan menghapus objek yang tidak terpakai.

Untuk Bahasa pemrograman lain seperti C++, maka kita akan membuat destructor seperti ini.

KESIMPULAN : Jika constructor adalah method yang dieksekusi ketika membuat objek, sedangkan destructor adalah kebalikan dari constructor, namun menggunakan garbage collector sebagai manajemen memorinya.

Nah, sekian untuk penjelasan kali ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!