Alasan Memilih Laravel

Belajar Framework Laravel : Alasan Memilih Laravel ?

Halo temen-temen, kembali lagi kita akan belajar mengenai Framework Laravel, seperti yang kita ketahui, Laravel bukan satu satunya Framework PHP yang paling banyak digunakan, tapi bisa menjadi opsi bagi kalian yang masih mencari Framework yang pas untuk deveopment.

Berikut beberapa alasan mengapa memilih framework laravel,

Alasan Memilih Laravel ?

Mudah dan Dokumentasi Lengkap

Jika kamu adalah developer baru, tentu dokumentasi sangat penting untuk mempermudah kamu dalam proses develop, tapi paling tidak kamu harus mempunyai basic pemahaman PHP yang baik agar mudah memahami strukturnya karena menurut saya, dokumentasi yang disediakan tergolong sangat baik, mudah dan jelas. Gak Percaya ? Cek Aja Deh Dokumentasi Laravel 😀

Open Source

Laravel adalah Framework yang bersifat open source, tentu kamu bisa gunakan framework ini secara bebas, gratis, dan sangat memungkinkan kamu untuk mendevelop web yang besar dan system yang kompleks.

Menggunakan Konsep MVC

Dengan menggunakan arsitektur MVC (Model View Controller) kita dapat membuat struktur kode yang rapih dimana konsep tersebut memisahkan antara logic dan view. Arsitektur MVC dapat meningkatkan performance, memiliki beberapa fungsi built-in atau fungsi yang dapat langsung digunakan, dan juga mempermudah kita melakukan perubahan syntax.

Blade Template

Hal yang menarik yang dimiliki laravel adalah Blade Template, selain unik juga sangat cantik sehingga menarik untuk digunakan. Di dalam dokumentasi resminya Laravel menjelaskan 2 manfaat Blade Template, yaitu : Inheritance (Turunan/Dapat diwariskan), dan section.

Memiliki Fitur Migration

Migration adalah fitur utama yang dimiliki oleh Laravel. Dengan migration, memungkinkan kita untuk mempertahankan struktur Database yang kita punya tanpa harus membuatnya kembali, Keren Kan ?

Keamanan

Keamanan aplikasi tentunya menjadi sangat prioritas bahkan menduduki peringkat ke-1 😀 , lebih-lebih website yang kita bangun nantinya akan menyimpan banyak data-data penting dan sensitif. Laravel memberikan kita beberapa pilihan yang dapat kita gunakan untuk keamanan. ORM Laravel menggunakan PDO yang dapat mencegah SQL Injection, memiliki proteksi csrf token, dan banyak yang lainnya.

Komunitas Yang Besar

Mungkin salah satu nya ini yang patut menjadi pertimbangan dalam memilih framework Laravel. Dukungan komunitas sangat berpengaruh untuk pengembangan skill dan kualitas kita, karena dengan adanya komunitas kita bisa sharing atau meminta bantuan jika ada problem.

Sekian dulu penjelasan mengenai Alasan Memilih Laravel. Terima Kasih.

Kembali ke Daftar Isi Belajar Laravel

Anda mungkin juga suka...

Artikel Populer

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!